Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Konsumsi 5 Rempah Berikut

Penggunaan rempah sebagai obat herbal sudah ada sejak zaman nenek moyang dan dipercaya memiliki khasiat kesehatan. Rempah apa saja yang bisa diracik? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Jahe untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Jahe sudah dikenal sejak dulu di Cina sebagai obat herbal yang dapat mengatasi rasa mual. Dari sebuah penelitian di sana, jahe tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh tapi juga mengurangi risiko peradangan atau anti-inflamasi.

Cara mengolah jahe menjadi suplemen sebenarnya sederhana saja. Kamu bisa merebus jahe yang sudah digeprek selama beberapa menit. Jika tak punya banyak waktu, jahe geprek bisa langsung kamu masukkan ke dalam air hangat. Jika tak terlalu suka dengan rasanya yang kuat, kamu bisa menyelipkannya dalam makanan sehari-hari.

2. Kunyit yang sarat akan manfaat

Sejak dini, anak-anak Indonesia sudah diajari untuk terbiasa mengonsumsi kunyit. (Sumber Foto: Shutterstock)

Kunyit mengandung kurkumin yang memberikan warna kuning pada rempah ini. Kurkumin sendiri diakui karena begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan. Misalnya karena memiliki fungsi anti-inflamasi, membantu menyembuhkan sindrom metabolisme, artritis, hingga mendukung pemulihan tubuh secara umum.

Namun selain dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kunyit punya banyak manfaat lainnya. Misalnya saja di India, rempah ini dipakai untuk bahan bumbu kari. Sementara di Jepang dipakai untuk bahan teh, di Korea untuk minuman, dan di Amerika Serikat sebagai bahan saus mustard ataupun untuk olahan keju, mentega, dan keripik.

Lalu, bagaimana cara mengolah kunyit jadi minuman? Caranya mirip dengan mengolah jahe. Rebus air bersama kunyit yang telah dicuci dan diiris. Kamu bisa menambahkan madu atau gula merah agar rasanya tidak kecut.

3. Bawang putih, makanan penambah daya tahan tubuh

Rempah yang menambah rasa gurih pada makanan ini memiliki fungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan aliasin pada bawang putih menjadi antibiotik alami yang membantu menguatkan sistem imun. Ada satu riset yang mengusulkan bahwa bawang putih dapat mencegah kemungkinan terjadinya flu.

Namun, tak semua orang bisa menyantap bawang putih mentah secara langsung. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengiris bawang putih lalu merebusnya dengan air. Tambahkan perasan lemon dan madu agar rasanya lebih enak.

4. Temulawak, tanaman herbal mengandung kurkurmin

Selain kunyit, rempah yang mengandung kurkumin adalah temulawak. Temulawak dikenal sebagai tanaman herbal. Tercatat pada Badan Pengawan Obat dan Makanan (BPOM RI), ada sekitar 900 resep obat tradisional menggunakan temulawak. Rempah ini diakui manfaatnya dalam membantu meningkatkan nafsu makan dan menjaga ketahanan tubuh. Bahkan temulawak juga membantu mengobati gatal-gatal atau eksem, hingga penyakit ginjal.

Kamu tidak perlu menyantap langsung temulawak mentah karena rasanya yang agak getir. Kamu bisa mengupas kulit dan mengirisnya terlebih dahulu. Lalu, rebus temulawak beberapa menit hingga airnya menguning. Jika punya bahan lebih, kamu juga bisa mencampurnya dengan jahe atau sereh untuk memperkaya rasanya.

5. Air lemon untuk detoks

Lemon dipercaya sejak lama karena dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. (Foto: Shutterstock)

Popularitas lemon sebagai sumber vitamin C sudah jadi rahasia umum. Dalam 100 gram lemon terdapat 27 mg vitamin C, 0.5 gram mineral dan 0.9 gram protein. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh jika rutin dikonsumsi dalam dosis tertentu.

Ada banyak sekali cara untuk mengkonsumsi lemon. Cara paling sederhana adalah dengan menuangkan satu sendok perasan lemon ke dalam segelas air hangat. Jika tidak kuat dengan rasa kecutnya, tambahkan madu. Jika ingin terasa lebih segar, kamu bisa tambahkan es batu.

Tidak sulit kan membuat suplemen sehat sendiri di rumah untuk detoks maupun membantu menjaga sistem imun tubuh? Selamat mencoba!

Sumber: https://www.masakapahariini.com/makanan-gaya-hidup/jenis-rempah-tingkatkan-daya-tahan-tubuh/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top