Lemak Baik Memberikan Manfaat

Lemak baik kadang-kadang disebut lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh datang dalam dua bentuk: tunggal dan ganda. Mengapa lemak tersebut dikenal baik untuk tubuh? Simak ulasannya berikut ini.

Lemak baik atau lemak tak jenuh membantu menjaga pembuluh arteri tetap bersih. Lemak ini membantu kita menghasilkan kolesterol baik dan bergerak di sekitar tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dan lemak tak jenuh mengurangi kolesterol jahat, yang bisa menyebabkan masalah jantung.

Bagaimana cara mendapatkan lemak baik?

  1. Lemak tak jenuh tunggal, bisa mendapatkan lemak tak jenuh tunggal dari:
  2. Minyak seperti zaitun, canola, dan minyak biji anggur
  3. Kacang dan biji-bijian
  4. Daging tanpa lemak
  5. Alpukat

Lemak tak jenuh tunggal membantu menurunkan kolesterol, tetapi hanya ketika menggantikan lemak jenuh dalam rata-rata makanan sehari-hari.

  • Lemak tak jenuh ganda

Lemak tak jenuh ganda menurunkan kolesterol, tetapi hanya ketika menggantikan lemak jenuh dalam makanan sehari-hari, dan lemak ini dapat melakukan hal tersebut lebih baik daripada lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini umumnya juga baik untuk jantung, mata, sendi, dan kesehatan mental.

Lemak tak jenuh ganda terbagi menjadi Omega 3 & Omega 6

Omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda. Anda bisa mendapatkannya dari:

  • Tuna, salmon dan makarel
  • Kenari , kacang lain dan biji rami
  • Makanan kedelai
  • Sayuran berdaun hijau
  • Kacang-kacangan

Manfaat Omega-3 membantu perkembangan otak dan mata bayi dalam kandungan dan selama 6 bulan pertama kehidupan. Pada anak-anak, dapat meningkatkan pembelajaran, meningkatkan perkembangan otak, dan sistem saraf, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Untuk orang dewasa, omega-3 bisa baik untuk rheumatoid arthritis, nyeri, kekakuan pagi, dan peradangan. Hal ini juga dapat melindungi orang dewasa dari penyakit jantung.

Omega-6 adalah jenis lemak tak jenuh ganda. Anda bisa mendapatkannya dari :

  • Minyak nabati seperti bunga matahari, kacang, canola dan kedelai minyak.

Omega-6 melindungi kita dari penyakit jantung dengan membantu mengontrol kolesterol jahat dan menghindari masalah jantung di kemudian hari.

Sumber artikel : https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/apakah-anda-tahu-perbedaan-antara-lemak-baik-dan-lemak-jahat/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top